Open/Close Menu

Keseimbangan Energi

Kalori (Energi) MASUK = Kalori (Energi) KELUAR

Kalori (Energi) MASUK = Kalori (Energi) KELUAR

Keseimbangan energi penting untuk mempertahankan berat badan yang sehat. Keseimbangan energi juga berarti menyesuaikan semua makanan dan minuman ke dalam gaya hidup sehat yang aktif, termasuk mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang dan beraneka ragam dalam jumlah yang mencukupi kebutuhan, serta melakukan aktivitas fisik secara teratur.

Keseimbangan energi menggambarkan hubungan antara kalori (energi) yang dikonsumsi dari makanan dan minuman dan kalori (energi) yang dibakar oleh tubuh. Bagi sebagian besar orang, bila kalori (MASUK) = kalori (KELUAR), berat badan akan tetap stabil, suatu kondisi yang diinginkan oleh setiap orang dewasa dengan berat badan yang sehat. Bila asupan melampaui pengeluaran secara terus-menerus, maka berat badan akan naik. Sebaliknya, bila kalori yang dibakar lebih banyak secara terus-menerus dibanding yang dikonsumsi, maka terjadi penurunan berat badan.

Walaupun keseimbangan energi mungkin terlihat seperti sebuah hal yang sederhana, namun kesehatan jangka panjang membutuhkan pengelolaan secara aktif pada kedua sisi persamaan energi tersebut di atas. Hal ini mencakup pemahaman akan kebutuhan energi tubuh, antara lain diantaranya dampak aktivitas fisik pada tubuh serta mengetahui tentang kandungan kalori makanan dan minuman. Perbaikan perilaku dalam pengendalian porsi dan mengatur jumlah kalori dalam makanan untuk membantu mengelola asupan energi juga sama pentingnya. Penelitian mengisyaratkan bahwa keputusan kecil sehari-hari, seperti memutuskan berapa banyak yang akan dimakan dan diminum, naik tangga atau elevator, dan bahkan keputusan untuk memantau berat badan atau tidak, semua ini dapat berdampak besar pada pengelolaan berat badan dan kesehatan seiring dengan berjalannya waktu.

Artikel

Apa Kata Para Ahli

Webinar and Podcast

Unduhan Siap Cetak

Pustaka Acuan Terkait

Situs Web Terkait